Friday, October 24, 2014

Tips Memilih Tempat Duduk di Kereta Api

Saya ada tips memilih tempat duduk di kereta api bagi anda yang sering menggunakan kereta api sebagai alat transportasi darat jarak jauh. Moda transportasi ini masih menjadi favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Pada setiap musim liburan tiba, hampir dapat dipastikan bahwa kuota seat bakalan penuh. Untungnya, sekarang tiket kereta api dibeli secara online sehingga anda tidak perlu capek mengantri di loket stasiun. Berikut ini share tips memilih tempat duduk di kereta api dengan berbagai kelas :

KELAS EKSEKUTIF

tips memilih tempat duduk di kereta api
denah kursi kelas eksekutif
Kapasitas gerbong kelas eksekutif adalah 50 seat. Sebagian besar seat pada kelas eksekutif bisa diputar 180 derajat (saling berhadapan). 

Bagi yang suka jalan-jalan di dalam kereta atau sekedar nongkrong di bordes (perbatasan antar gebong), seat strategis adalah 1ABC, 2ABCD, 12ABCD, atau 13ABC. Kekurangan memilih seat ini adalah berisik karena dekat bordes atau karena crew KA/penumpang lain yang lupa menutup pintu masuk/keluar. Guncangan kereta juga lebih terasa seat berada di atas boogie (rangkaian roda kereta), tetapi tetap lebih halus jika dibandingkan dengan kelas bisnis dan ekonomi.

Untuk yang suka tidur selama perjalanan, seat strategis berada di tengah dan disamping jendela : 6A, 6D, 7A, 7D, 8A, dan 8D. Bagi yang berpergian seorang diri atau tidak ingin diganggu orang lain, saya menyarankan single seat 1C atau 13B. Buat yang sering buang air kecil, pilihlah seat B atau C karena gampang keluar masuk dan tidak mengganggu penumpang yang duduk disebelahnya.

KELAS BISNIS

tips memilih tempat duduk di kereta api
denah kursi kelas bisnis
Kapasitas gerbong kelas bisnis adalah 64 seat. Pada kelas bisnis, sandaran kursi bisa dibalik untuk dapat saling berhadapan. Jika perjalanan ke arah kanan maka seat paling depan adalah 17CD, lalu seat 16AB adalah seat yang paling tidak enak karena berhadapan dengan dinding toilet sehingga ruang kaki akan sangat terbatas. Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah dengan membalik sandaran jadi berhadap-hadapan dengan seat 15AB. Penumpang seat 15AB jadi tidak bisa leluasa jika seperti ini karena lutut bisa saling beradu.

Jika perjalanan ke arah kiri maka seat paling depan adalah 1AB, lalu kasus pada seat 17CD akan terjadi pada seat 2CD. Yang diuntungkan adalah seat 1AB karena area kaki lebih luas daripada seat lainnya. Tetapi seat 1AB tidak kebagian bagasi atas seperti kasus seat 17CD. Kesimpulannya hindarilah seat 2CD, 3CD, 16AB, 15AB.

KELAS EKONOMI

tips memilih tempat duduk di kereta api
denah kursi kelas ekonomi
Kapasitas kelas ekonomi adalah 106 seat. Kursi pada kelas ekonomi permanen berhadap - hadapan. Semakin duduk ditengah akan semakin panas karena banyak penumpang. Mungkin sekarang kereta ekonomi sedikit sejuk karena ada pendingin ruangan, namun pendingin ruangan biasanya kurang ampuh dengan banyaknya penumpang.

Untuk menghindari panas berlebih, disarankan berangkat pada malam hari. Seat pertama yangs aya rekomendasikan adalah 1AB, 2AB, 23DE, dan 24DE yang dekat dengan bordes karena ada hembusan angin dari luar. Kekurangannya adalah super berisik dan bau pesing karena dekat dengan toilet. Kemudian seat 3B dan 22B karena selain masih dekat dengan bordes, anda masih bisa duduk menyamping. Berikutnya adalah seat 4C dan 21C karena ruang kaki sangat banyak, jadi anda bisa meregangkan kaki jika mulai capek perjalanan. Hindarilah seat yang D yang berada ditengah-tengah karena paling tidak leluasa.

Itulah tips memilih tempat duduk di kereta api yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.


1 comment: